project akhir sistem terdistribusi, pemrosesan parallel

Sebelum 2 Minggu masuk kuliah,langsung ada tugas membuat aplikasi untuk matakuliah sistem terdistribusi dan pemrosesan parallel, sebenarnya masih ada tugas lain yg gak kalah seru dari ini!hehee,yaitu pemrograman web(membuat website), Sistem informasi berbasis web (juga membuat website yg berhubungan dengan sistem informasi), rekayasa perangkat lunak(RPL) juga buat aplikasi,. namun untuk sist terdistribusi dan pemr parallel adalah tugas yang agak membingungkan karena kedua bidang ini sangat dekat. dosen saya menyebutnya kakak adik, jadi bingung menentukan aplikasi yg cocok untuk kedua bidang ini. stelah saya searching di kaskus saya dapat sedikit kesimpulan untuk memudahkan tema dalam menentukan aplikasi yang tepat untuk sistem terdistribusi maupun pemrosesan parallel..

yang pertama sistem tersistribusi gambaraannya ada dibawah ini :

1. SIKO (Sistem Informasi perkotaan)
Mengintegrasikan beberapa server basis data yang dimiliki oleh kepolisian, pemadam kebakaran, dan kependudukan. Dengan adanya SIKO, polisi dan petugas pemadam kebakaran dapat dengan cepat memperoleh informasi yang akurat mengenai kerawanan suatu daerah perkotaan. Petugas tersebut juga dapat menambah, menghapus, dan mengubah informasi sesuai kasus yang selesai ditangani.

2. SITAS (Sistem Informasi universitas)
Setiap fakultas di suatu universitas memiliki server untuk menyimpan dan mengolah data mahasiswa dan kegiatan akademiknya. Namun pihak Rektorat atau DIKTI sering membutuhkan informasi yang perlu diolah dari data yang terdistribusi, seperti prestasi akademik dan laporan pembayaran seluruh mahasiswa. Staf sekretariat fakultas dapat juga menambah, menghapus, dan mengubah informasi tersebut.
3. SIGIH (Sistem Informasi tagihan)
Seseorang dalam satu bulan dapat menerima beberapa tagihan, seperti tagihan listrik, telepon, langganan akses Internet, dan TV kabel. SIGIH memberi kemudahan dengan menampilkan seluruh tagihan dan jumlah yang harus dibayar dalam satu bulan. Jika pembayaran dilakukan, maka informasi tersebut tercatat di server PLN, TELKOM, penyelenggara jasa Internet, dan TV kabel. Pemelihara basis data server tersebut juga dapat menambah, menghapus, dan mengubah informasi di server yang mereka tangani.
4. SIHAT (Sistem Informasi kesehatan)
Informasi seorang pasien dapat tercatat di beberapa rumah sakit. Suatu penyakit bisa juga membutuhkan konsultasi dengan beberapa dokter yang bertugas di rumah sakit berbeda. Dengan adanya SIHAT, seluruh riwayat kesehatan seseorang dapat diperoleh dengan cepat dan akurat. Jika pasien membutuhkan keahlian seorang dokter yang tidak ada di rumah sakit tersebut, maka SIHAT dapat menampilkan pilihan dokter yang ada di rumah sakit lain. SIHAT juga memiliki fasilitas untuk menambah, menghapus, dan mengubah informasi yang ada.

dan untuk pemrosesan parallel membuat aplikasi seperti klien server dan dibawah ini adalah sama-sama jenis tugas dan saran dari yang reply :
ques: Kira2 gimana ya idenya menjalankan beberapa process –prosesnya sama– di beberapa workstation tapi synchronized
reply:
1. Kalo mo standalone, pake RMI.
a. Get task from RMI server.
Jalanin proses di masing client, masuk ke posisi standby, trus kirim command ke server untuk task assignment. Kalo ada task dari server, baru dikerjain. Setelah selesai, kirim command ke server lagi untuk task selanjutnya. Kalo ga ada, masuk posisi standby lagi, tiap beberapa waktu, kirim command ke server lagi. Begitu seterusnya.

b. Atau pake metode callback
Start client, trus register dirinya ke server. Ketika ada task yang harus dikerjakan, server akan memanggil client untuk melakukan task tsb.

2. Pake application server.
Konsepnya mirip yang standalone pake RMI, cuman sekarang RMI servernya diganti pake EJB yang jalan di application server.
——————–
Alhamdulillah semoga saya dan teman-teman bisa secepatnya mengerjakan tugas tersebut dan tugas tugas yang lain..🙂 Amiin..

2 Komentar (+add yours?)

  1. kajur
    Nov 11, 2010 @ 13:58:18

    semoga selesai tugasnya..

    kunjungi juga http://elektro.unand.ac.id

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: