Memahami program HelloWorld.java

Semua orang yang ingin blajar bahasa pemrograman pasti pernah melewati yang namanya membuat hello world atau semacamnya untuk awal belajar bahasa pemrograman, dijavapun demikian. Namun dijava dalam pembuatan program HelloWorld saja harus mengerti banyak istilah dan pengertiannya karena kalau tidak paham seraca program itu hanya bualan belaka.. kalau dibahasa pemrograman lagi untuk menampilkan helloworld mgkn butuh beberapa baris, mkn ada juga yg cuma satu baris, namun di java tidak. untuk membuat HelloWorld saja harus memenuhi aturannya java yang sudah stabil. dibawah ini contoh program helloworld dijava berserta keterangannya..

//berkas HelloWorld.java
public class HelloWorld{
      public static void main(String[] args){
        System.out.println("Hello World");
      }
}

baris pertama adalah bentuk komentar yang ditandai dengan //. jadi semua yg berada dibelakang tanda // tidak dieksekusi oleh komputer.
baris kedua merupakan bagian untuk mengawali pendefinisian kelas bernama HelloWorld. satu kelas berupa satu block yang diawali { dan diakhiri }. block diawali pada baris ke dua dan diakhiri pada baris terakhir. dan kelas ini memiliki metode bernama main().

main() adalah metode yang akan dijadikan awal pengeksekusian aplikasi dijava yang akan memanggil metode metode yang lain.

metode main() didifinisikan sebagai public static void.  public berarti metode ini bisa dipanggil dari mana saja baik dari kelas itu sendiri maupun kelas lain.kata static berarti metode ini bersifat sama untuk semua instan kelas.dapat dipanggil tanpa melakukan instanisasi class utama.

setelah main terdapat tanda kurung dan diikuti oleh String[] args ini adalah merupakan paramater, memiliki sebuat parameter yaitu args dan yang bertipe data array String.

baris ke empat System.out.println(“Hello World”); merupakan pernyataan untuk menampilkan tulisan Hello World atau sering disebut dengan istilah statement. dan diakhir dengan tanda titik koma (;)   dalam hal ini tulisan yang akan ditampilkan diletakkan sebagai argumen milik metode println(). println() sendiri adalah metode miliknya objek out yang merupakan metode untuk menampilkan tulisan ke keluaran standar(layar). out sendiri adalah anggota objek dari objek System. tanda titik digunakan untuk memisahkan metode terhadap objek yang memlikinya dan objek yang menjadi bagian objek lainnya atau bisa diistilahkan turunannya..

terakhir ditutup dengan tanda kurung kurawal tutup. ( } ).

sampai disiini dulu saya menjelaskan tentang memahami sebuah program java.. yang saya baca dan saya pahami dari bukunya Abdul Kadir..

pahami sourcecodemu..🙂  (sebagai pengingat bagi saya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: