Setting IP static manual di linux Ubuntu

Sebenarnya sudah banyak artikel yang sudah membahas hal ini namun hal ini saya postingkan karena saya kadang lupa saat saya membutuhkannya..hehehe karena ketika saya tidak membutuhkan IP, saya mudah saja mengatur IP dan mengesetnya. namun ketika saya sendang membutuhkannya, eh sulit banget ngaturnya, udah saya atur lewat GUI maupun console tetep aja ndak bisa ke set. dan setelah saya cari solusi akhirnya ketemu dah saya tidak melewatkan untuk memostingin supaya dilain waktu kalau saya lupa bisa mampir ke blog ini dan membacanya kembali.
di sini saya menuliskan ip untuk per to per alias PC to PC jadi hanya untuk 2 komputer.. dibawah ini adalah screenshotnya, ikuti saja langkah-langkahnya.
pertama masuk ke console. masuk ke interfaces, setting ip static, restart networking, dan lihat hasilnya.

pertama : sudo gedit /etc/network/interfaces
interface

kedua : sudo /etc/init.d/networking restart
restart

ketiga : ifconfig
cek

semoga tak lupa lagi.. dan bagi yang baca juga bisa membantu..hehehe🙂

Tinggalkan Balasan

