Install Oracle xe Universal 10g Express Edition di Ubuntu

Sebelumnya anda harus sudah mempunyai file installernya Oraclenya dengan nama oracle-xe-universal_10.2.0.1-1.0_i386.deb dengan besar 250.3 Mb, dapat di download gratis dari website oracle. Setelah ada installer selanjutnya klik dua kali pada file installer tersebut dan tunggu sampai selesai, selama penginstallan komputer harus terkoneksi dengan internet, kalau tidak maka akan terjadi error.

Setelah instalasi selesai selanjutnya adalah konfigurasi oracle dengan ubuntu supaya dapat digunakan.
perintahnya lewat Console, jadi masuk aja ke konsole lalu masuk sebagai root..
$sudo su
#/etc/init.d/oracle-xe configure

bla bla

Dan nanti akan di minta untuk memasukkan port, yang pertama isikan dengan 8080 dan yg kedua isikan dengan 1521, lalu di minta mengisikan password yaitu pada “This can be done after
initial configuration: isikan password disini
Confirm the password: ulangi lagi password disini

Jangan bingung kalau selama mengetik tidak muncul karakter yang kita ketikan, karena password dikonsole emang gitu, karakter tidak ditampilkan, jadi jangan lupa atau salah. sebaiknya kalau belum terbiasa dengan konsole di catat dulu passwordnya..
lalu tunggu sampai selesai. di bawah ini screenshotnya :
oh ya, nanti login usernamenya : system
dan passwordnya adalah yang anda isikan tadi..🙂

installoracle
Configuration

login oracle
Login dibrowser

masukoracle
Setelah Login

Minta Komennya bila ada kesalahan..😀

2 Komentar (+add yours?)

  1. mazumam
    Mar 08, 2011 @ 14:16:26

    tutorialmu sangat membantu gan…😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: