Membuat Data Center sederhana Menggunakan Samba di Ubuntu

Disini saya menggunakan samba karena software ini adalah software yang paling fleksibel atau kompetible dengan segala macam sistem operasi baik itu windows keluarga linux, solaris, max os, bsd, dsb.
Dan disini saya juga sudah mempraktekkannya di dalam laptop saya, jadi sekarang kalo saya mau pindah pindah data dari win ke linux maupun sebaliknya tak susah susah lagi. tinggal yang make windows ketik ip saya dan folder samba saya bisa langsung masuk. tinggal copi saja disana. dan sebaliknya. mereka yang ingin mengkopi file dari saya tinggal ambil aja di folder samba tersebut. berikut cara mulai dari install sampai konfigurasi..

untuk data center sendiri dapat di pahami disini http://id.wikipedia.org/wiki/Pusat_data untuk bahasa indonesia. disini http://en.wikipedia.org/wiki/Data_center untuk bahasa inggris.
pertama install dulu menggunakan apt-get install

apt-get install samba samba-common samba-doc libcupsys2-gnutls10 libkrb53 winbind smbclient

lalu melakukkan kofigurasi di /etc/samba/smb.conf dengan melakukan sedikit perubahan.

Sebelumnya kita membuat sebuah direktori sebagai tempat data-center di dalam root diluar home.

mkdir /tempatShare

lalu konfigurasi samba.

gedit /etc/samba/smb.conf

di bagian paling akhir ada tulisan dibawah ini dan silahkan di rubah sesuai kebutuhan.

[share]

comment = Samba server’s share

read only = no

locking = no

path = /tempatShare

guest ok = yes

semoga bermanfaat..🙂 ini bagi yang pengguna linux tapi susah buat sharing data dengan os lain.. samba bisa jadi solusinya.. slamat ber eksperimen..😀

4 Komentar (+add yours?)

  1. arul
    Feb 13, 2011 @ 08:43:08

    mas, kalau mau mbuat data center untuk web hosting, yang perlu dipersiapkan apa saja?

    Balas

    • bahrie-___-
      Feb 15, 2011 @ 09:49:29

      yg perlu disiapin, database, dan pemrograman yang dipake.. bisanya sih mysql dan php.
      untuk installnya. di blog ini saya pernah buat artikelnya. ttg install mysql, php myadmin..
      jika itu semua udah terinstall. saya rasa udah bisa buat webhosting lokal..hehe..

      Balas

  2. Muammar Renaldy
    Feb 02, 2012 @ 12:54:23

    mas, kalo mau buat data center di slackware melalui samba harus persiapkan apa aja? maaf masih pemula

    Balas

    • bahrie
      Feb 02, 2012 @ 15:36:02

      hampir sama dengan ubuntu, kan sama sama linux..😀 yang jelas siapin koneksi internetnya.. hehe

      Balas

Tinggalkan Balasan

