Membuat Aplikasi CRUD Java dengan Database Oracle

Sebelum kita membuat aplikasinya, kita harus tahu dulu bagaimana sistem kerja database oracle. apakah sama dengan MysQL atau beda.? nah yang saya ketahui. untuk sintaknya sama. namun untuk pembagian databasenya yang berbeda.
di Oracle semua project di dimasukkan kedalam satu database namun yang membedakan satu project dengan project lain adalah theme nya atau user nya. kalo saya katakan sih satu database di mysql bisa dibilang satu username di oracle. bila ada yang salah mohon dikoreksi..hehee jadi sini untuk membuat tabel mahasiswa, saya harus membuat user terlebih dahulu. Disini saya buat user dengan nama bah dan passwordnya adalah teh. setelah kita membuah user, kita login menggunakan user kita dan selanjutnya membuat tabel di theme atau user tersebut.. disini saya menggunakan Oracle 10g Express Edition.

sekarang kita masuk ke projectnya.

projectnya hampir sama dengan artikel saya yang sebelumnya, yaitu Mudahnya membuat Aplikasi CRUD di Java dg database MySQL. hanya yang membedakan adalah di class DatabaseUtilitiesnya. disini tempat mengatur untuk koneksi dari java ke Oracle. codenya seperti ini. jangan lupa sebelumnya harus sudah memasukkan library driver ojdbc. driver oracle-java sudah saya sertakan salam sourcecode yang dapat di download berada di folder dist/lib/.

package crudjava.koneksi;

import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.SQLException;
import java.util.logging.Level;
import java.util.logging.Logger;

/**
 *
 * @author bahrie
 */
public class DatabaseUtilities {

    private static Connection conn;

    public static Connection getConnection(){
        if(conn==null){
            try {
                DriverManager.registerDriver(new oracle.jdbc.OracleDriver());//kalau mysql tulisannya //com.mysql.jdbc.Driver() dan librarynya itu Mysql Driver.
                conn=DriverManager.getConnection("jdbc:oracle:thin:@localhost:1521:XE", "bah", "teh");
            } catch (SQLException ex) {
                Logger.getLogger(DatabaseUtilities.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
            }
        }
        return conn;
    }

}

dibawah ini hasil tampilannya :

antarmuka
Antar Muka pada Aplikasi

hasil
Hasil di Database Oracle

Semoga bermanfaat bagi yang ingin membuat aplikasi java dan databasenya menggunakan Oracle.. hehehe bisa jadi bahan TA atau Skripsi tuh..hehehe😀 mohon koreksinya bila ada kesalahan..🙂

sourcecode dapat didownload disini :

http://bahrie127.googlecode.com/files/crudjava-oracle.zip

9 Komentar (+add yours?)

  1. neodexter
    Jun 21, 2011 @ 13:50:18

    wah, makasih banget ya gan. bermanfaat banget scriptnya

    Balas

  2. Apip Panjul
    Jun 23, 2011 @ 22:13:22

    Saya gak tau harus mengatakan apa kepada Mas…
    Saya sangat berterimah kasih atas semua yang Mas Posting…

    Semoga ALLAH SWT Membalas apa yang Mas berikan kepada semua orang terutama Saya sendiri..

    Balas

  3. opexs46
    Des 29, 2011 @ 15:51:14

    mas saya ada masalah dengan nimbusnya…gimana y??klo nimbus ni berhasil aplikasix pasti jalan..o iya baiknya saya harus instal jdk versi berapa..dan netbeans versi berapa? agar nimbus ini berjalan degan baik??? terimakasih sebelumnya..

    Balas

    • bahrie
      Des 29, 2011 @ 19:26:27

      jdknya diatas 1.6 update 10
      netbeans terbaru aja. tapi nanti kalo import project biasanya ada error. itu karena jUnit nya ga disertain di netbeans terbaru. tinggal di klik kanan resolve problem aja, terus klik resolve. kalo konek internet pasti di downlotin dan dibenerin. 😀

      Balas

  4. arifin
    Jan 29, 2012 @ 14:39:59

    bagus sekali gan, trma kasih banyak.

    Balas

  5. Asep
    Apr 05, 2012 @ 06:04:32

    ass…. mas bahrie… salam kenal, terima kasih buat kodenya… semoga bermanfaat oya mas saya ga punya aplikasi oraclenya,, saya udah download tapi tidak bisa malah ngelink terus ke oraclenya. mas minta bantuannya minta di postingkan buat link applikasi oraclenya hehe🙂 dari kang asep tea.

    Balas

Tinggalkan Balasan

