Kisah Skripsi (Mei – Juli) 2012

Masuk semester 8 setatus saya sudah bekerja disalah satu softwarehouse di jogja, berhubung semester 8 cuman mengerjakan skripsi doank, saya angkap enteng aja. tapi setelah dijalani ternyata kerjanya jalan, ngerjain skripsinya jalan ditempat. sekitar bulan februari saya sudah seminar judul skripsi dan sudah disetujui, dan dalam seminar tersebut di beri tahu pendadaran/sidang skripsi paling lambat minggu kedua agustus. setelah itu ada lagi pemberitahuan kalo sidang paling lambat akhir juli.
waktu berlalu hari demi hari dan sampai lah pada bulan bulan mei. dibulan ini saya paham kalo saya masih terus kerja mungkin skripsi tak selesai. atau saya berhenti kerja dan mengerjakan skripsi. dan akhirnya saya beranikan bicara sama si bos saya buat berhenti dan ingin fokus mengerjakan skripsi. diawal bulan saya ngomong, setelah itu tugas2ku dikantor saya kebut saya selesaikan. dipertengahan bulan mei sudah mantap buat berhenti. dan di akhir bulan mei selama satu minggu saya berlibur kesemarang untuk merelexkan diri dari segala macam pekerjaan sebelum bertempur melawan skripsi. selama disemarang saya menginap di rumah temen yg kuliah di udinus. banyak pengalaman yg saya dapat selama disemarang. saya serasa seperti mahasiswa udinus. serasa anggota doscom udinus. saya senang sekali, saya serasa di terima sekali disana. ya karena basic kita sama sama anak IT yang mencintai opensources.๐Ÿ˜€ tiap pagi/siang diajak kekampus udinus. sore sama teman2 disana. malem pulang. pernah pagi-pagi diajak ke pemandian air panas karena rumah temenku ini tak jauh dari nglimut salah satu pemandian air panas di gunung ungaran semarang.๐Ÿ˜€ . dan di hari2 terakhir saya disemarang saya diajak muncak ke gunung ungaran. ada 5 orang. kiri kanan perkebunan teh. udara masih sejuk. wah pokoknya nyaman sekali.. dan tiap hari minggu doscom udinus mengadakan yg namanya doscom time sharing. dan disana saya memberikan sedikit materi tentang bootstrap twitter. dari sana saya bisa kenal banyak temen doscom. makasih semua.๐Ÿ™‚ setiap pertemua di doscom selalu berkesan. dan akhirnya tiba waktunya untuk kembali ke jogja. “sampe ketemu lagi semarang…”๐Ÿ™‚

sesampainya dijogja saya harus kekantor lagi sekitar satu minggu untuk finishing aplikasi yg saya pegang. dan alhamdulillah akhirnya selesai, itu diminggu pertama bulan juni. minggu kedua saya masih istirahat dan blum mengerjakan sambil mengumpulkan sejuta motivasi buat melawan skripsi. akhirnya di minggu kedua motivasi itu memuncak dan siap ke medan perang๐Ÿ˜€. selama dua minggu terakhir pada bulan juni saya full coding buat aplikasi. dan satu minggu di awal bulan juli saya full fokus dalam penulisan laporan.

Tanggal 5 juli hari kamis saya menghadap ke sekertaris jurusan buat tanya siapa pembimbing dua saya. (dari februari sampai 5juli cuman sekali bimbingan sama dosen pembmbing yg ternyata pembimbing 2). eh ternyata sekjur memberi tahu kalo pembimbing satu saya ada bapak Sumarsono yang beliau itu adalah dosen UIN sunan kalijaga dan jarang berada di kampus saya (STTA). dan yg saya kira dosen pembimbing 1 saya ternyata dosen pembimbing 2. setelah itu pada hari jumat ingin bertemu sama pak Sumarsono tapi saya masih belum yakin karena laporan saya masih ada yg kurang. akhirnya saya putuskan untuk ketemu hari senin tanggal 9 juli 2012 dan bawa laporan bab 1 bab 2 bab 3.๐Ÿ˜€

pada hari senin pagi pak Sumarsono saya telepon dan bisa ketemu jam 12 siang. dan siang itu akhirnya kita ketemu untuk pertama kali sebagai mahasiswa dan dosen pembimbing.๐Ÿ˜€ sampai pak Sumar nya bilang “kita belum pernah ketemu ya..?”๐Ÿ˜€. pokoknya gitulah, dan akhirnya saya ngomong apa ada nya.. saya bawa tiga bab, pak Sumar nya makin pusing. “wah koq sudah jauh gini. Saya gak punya ide lagi nih buat kamu”. setelah Beliau nelpon kejur saya. dan setelah beberapa lama akhirnya pak Sumar bersedia mengecek laporan saya dan itu pertanda kalau beliau bersedia untuk menjadi pembimbing saya. ahahaha๐Ÿ˜€. setelah itu ditanya bla bla bla. saya juga jawab bla bla bla. ada yg harus dilengkapi dll. intinya lumayan banyak perubahan. bahkan bab 1 2 3 semua nya dirubah. tapi saya malah senang. saya merasa menemukan rasa inilah sebenarnya yg namanya skripsi. dan setelah pulang saya langsung berbaiki laporan dan aplikasi. dan kita ketemu lagi pada tanggal 12 juli hari kamis. disana saya ditanya lagi. dan saya kalah telak disana. dimana disana saya merasa aplikasi saya bakal dirombak 50%. saya harus cari buku referensi dulu dan harus menyesuaikan aplikasi dengan buku referensi. dan saya tidak putus asa. setelah dari sana saya langsung ketoko buku dan beli buku yg diminta pak SUmar, saya pelajari. saya perbaiki aplikasi saya. waktu saya semakin sedikit karena akhir bulan harus sudah sidang. paling tidak satu mnggu sebelum sidang harus sudah daftar sidang. dan sarat daftar sidang itu adalah selesai laporan dan sudah acc dari ke dua pembimbing. dan diwaktu yang sangat mepet itu saya harus dihadapkan dengan tanggung jawab menyelesaikan proyek yg ada di semarang. dan akhirnya saya putuskan sabtu-minggu untuk pergi kesemarang. dengan membawa laporan+tugas2 skripsiku. disemarang saya mendapatkan kabar dari temenku itu kalo dia sudah daftar sidang, temenku yg lain disana juga sudah. tinggal mengunggu jadwal sidang. dan dari sana saya semakin termotivasi untuk secepat mungkin menyelesaikan aplikasi+laporan supaya cepet dapat acc dari dosen dan bisa daftar sidang. dan memang waktu itu target saya sebelum puasa romadhon tiba saya sudah harus daftar sidang. karena saya ingin puasa pertama berada di kampung (jepara) dan pulang membawa kabar baik. lanjut ceritanya. disemarang saya bertemu temen2 yg hebat2. proyek di semarang saya kerjakan sama temenku itu. dan pada hari minggu malem saya minta waktu sama temenku itu buat melanjutkan mengerjakan skripsi dan temenku itu sangat mendukung. akhirnya minggu malem saya ngerjain aplikasi skripsi dan paginya saya merasa aplikasi+laporan siap untuk ketemu sama pembimbing. senin pagi tanggal 16 juli akhirnya saya kembali kejogja. dan pukul 1 saya sampai di jogja. saya langsung telpon pak sumar buat bimbingan. namun pak Sumar nya sudah mau pulang dari kampus. dan saya minta buat bimbingan di rumah. akhirnya bapaknya menyetujuinya. sore jam stgh 4 saya berangkat ke rumah pak Sumar, dengan mencari2 alamat dan akhirnya ketemu juga rumahnya. disana kami diskusi dan akhirnya ada beberapa yg harus dirubah. saya pulang malemnya saya langsung revisi dan sehari kemudian saya tidak membuang kesempatan, pada hari selasa saya ke rumah pak sumar lagi. dan akhirnya pak sumar menyetujui dan hari rabu diminta laporannya yg lengkap tinggal tanda tangan. pada hari rabu sore tanggal 18 juli akhirnya laporan sudah di acc sama pembimbing satu. hari kamis tanggal 19 juli 2012 pagi saya sudah siap bawa laporan dengan acc dosen pembimbing 1, kurang tanda tangan pembimbing dua. pagi itu saya kekampus mencari dosen pembinging dua dan akhrinya ketemu. setelah ketemu saya bilang “pak mau bimbingan sekalian mau minta tanda tangan acc karena mau daftar sidang.”๐Ÿ˜€ . dosennya langsung ya gitulah. setelah itu di buka2 laporannya dan tanda buang2 waktu dosen pembimbing dua ku ngasih tanda tangan. sambil memberi satu dua patah kata penyemangat ketika sidang.๐Ÿ˜€ alhamdulillah hari itu sudah siap buat daftar sidang. setelah dapat tanda tangan saya langsung ke ruang jurusan ketemu sama kejur buat daftar. sampai sana saya langsung ditanya sama pak kejur (yang selama seminar proposal sampai daftar sidang blum pernah ketemu). pak kejur langsung tanya, “gimana bahri skripsinya???” saya langsung jawab “ini pak saya mau daftar sidang”. pak kejurnya langsung ya gitu lah..๐Ÿ˜€ setelah itu dikasih tahu sarat2 dll. dan siangnya saya sudah terdaftar dan tinggal menunggu pengumuman via sms jadwal sidang. setelah itu siangnya saya beli tiket bus buat pulang ke jepara. dan sorenya saya pulang. jum’at itu kalo di jogja udah puasa. tapi kalo kampung puasanya hari sabtu. jadi saya bisa sahur dan buka puasa pertama dirumah๐Ÿ˜€. dan tidak disangka pada hari jum’at sudah dapat sms kalo jadwal sidangnya hari selasa tanggal 24 juli 2012. padahal bayangan saya seminggu setelah daftar. ya akhirnya hari minggu 22 juli saya sudah harus kembali lagi kejogja buat mempersiapkan sidang skripsi. dan akhirnya sampailah pada hari selasa. sidang mulai jam setengah 9, dan selesai pada jam setengah 10. termasuk cepet. walau didalam semua dosen penguji banyak yg corat coret laporan pertanda harus revisi. saya sih sangat terima dengan lapangan dada pokoknya. yg penting sudah sidang skripsi.๐Ÿ˜€ satu minggu revisi. pada 31 juli saya sudah melengkapi persaratan yudisium. dan itu pertanda sudah beres. tinggal nunggu wisuda.ALHAMDULILLAH…….. jadi efektif waktu saya dalam mengerjakan skripsi sampai daftar yudisium itu pertengahan juni-akhir juli๐Ÿ˜€. . dibalik kesulitan pasti ada kemudahan.๐Ÿ˜€

sebenar didalam kisah diatas masih banyak cerita2 menarik yg lebih detail. tapi karena terlalu panjang dan nanti malah kemana mana jadi di tulis cerita generalnya๐Ÿ˜€. itu cerita kisah dari awal mei sampai akhir juli. makanya saya pertengahan juni sampai bulan ini belum sempat ngeblog atau males ngeblog. hehehe๐Ÿ˜€ nanti insyaAllah saya tulis kisah pada bulan agustus september oktober cerita puasa, hari raya,tawaran kerja, bertemu kakak tingkat yg super, mencari kerja di jakarta, dan akhirnya skrang sudah bekerja di jakarta dengan nyaman.๐Ÿ™‚ tetap semangat dan tetap jaga motivasi positif nya.๐Ÿ˜€

hikmah :
menumbuhkan semangat untuk menyelesaikan skripsi itu sangatlah berat sekali, tapi janganlah kalah dengan nafsu yg bernama kemalasan.
ingatlah orang tua kita yang tahu kalau kuliah normal itu 4 tahun. jangan buat orang tua kita kecewa dengan tahu kalau anaknya lulus lebih dari 4 tahun.
rawatlah motivasi dan semangat itu selagi masih membara..๐Ÿ˜€
relex dan berliburlah bila dirasa suasana hati/jiwa sendang tidak stabil. dan temukan makna hidup dan tumbukan motivasi dalam perjalanan berlibur.๐Ÿ˜€
untuk mendapatkan kemudahan harus melewati proses yang namanya kesulitan. menghindari kesulitan sama saja menjauhi kemudahan. kemudahan dalam arti menyelesaikan skripsi.

mungkin bisa ditambah lagi dari temen-temen yg membaca..๐Ÿ˜€

oh ya skripsi saya berjudul : ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR PADA COMPUTER BASED TEST PENERIMAAN MAHASISWA BARU SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

source aplikasi dan laporan : https://github.com/bahrie127/cbt-pmb Java Web Spring Hibernate, front and: JQuery, bootstrap twitter, Db: PostgreSQL

Saiful Bahri

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: