Aplikasi Toko Buku dengan Pemrograman Java

Assalamu’alaikum..

Sebelum saya memulai perkuliahan semester 6 kemaren, untuk mengisi waktu saya membuat aplikasi sederhana menggunakan java. didalamnya sudah ada autentifikasi dan autorisasi yaitu login serta hak akses masing masing kasir, jadi ada yang bertindak sebagai admin yang bisa melakukan input buku perubahan buku dan delete serta lain lain dan ada yang hanya sebagai kasir yang cuma bisa sebagai penjual, jadi cuma bisa buka form penjualan.

tokobuku

Aplikasi ini sudah saya uploud di di googlecode lewat subversion, jadi yang ingin melihatnya silahkan di sedot aja lewat subversion masing masing, bisa pake netbeans maupun eclipse. namun sebelumnya komputer anda harus sudah di install subversion, untuk pengguna linux terutama ubuntu, untuk install subversion cukup mudah, tinggal ketik aja di terminal

sudo apt-get install subversion

setelah itu masuk ke netbeans, klik menu team, lalu subversion, lalu checkout. dan nanti masukkan link googlecode saya.

https://bahrie127.googlecode.com/svn/trunk/

untuk username dan password tidak usah di masukkan langsung next aja, dan cari folder toko buku lalu di ok aja.. Dan juga bagi temen-temen yang ingin berkontribusi mengembangkan aplikasi ini bisa berpartisipasi, kirim aja alamat emailnya nanti saya daftarkan supaya dapat commit ke project ini(comment aja di bawah nanti saya daftarkan untuk membantu).. karena project ini masih banyak kekurangan,untuk laporannya belum saya buat, rencana mau saya buat pake jasperreport. mungkin ada temen yang lagi belajar dan ingin sekalian praktek mungkin bisa membantu disini. karena database yang saya buat sudah relasional jadi mudah nantinya untuk dibuat laporan.. ๐Ÿ˜€

database

kita sebagai programmer juga harus gaul..hehee tidak hanya di zip lalu di upload terus di download dan di unzip. kalo code kita disimpan di googlecode seperti ini, suatu saat kalo kita ingin menggunakan lagi tinggal kita checkout aja ke netbeans tanpa harus susah susah download di unzip dan configurasi ulang..hehee selamat mencoba.. ๐Ÿ™‚

———
update 15 april 2011.

Project tokobukuapp yang ada di googlecode sudah saya update lagi bagi temen2 yang kemaren menemukan error diproses bisa di chekout ulang. dan sekaligus sudah saya buat file zip nya bagi yang blum gitu ngerti ttg subversion. dengan di download secara manual diharapkan kita semua bisa sama sama belajar.. ๐Ÿ™‚
bila menemukan error, di Jcalendar. import aja library nya dengan cara klik kanan libraries, add jar/folder. lalu cari di folder project/dist/lib/. ๐Ÿ˜€

link download ada dibawah :

download dari github

update — 24/4/2012 —

waktu melakukan transaksi penjualan seharusnya stok barang berkurang, codenya sudah saya bikin tapi salah ketik, yang harusnya update didalam code saya tulis udpate, hingga akan terjadi error, bagi yang menemukan error disitu, rubah aja udpate menjadi update. ๐Ÿ˜€ ada di class ini https://bahrie127.googlecode.com/svn/trunk/TokoBuku/src/bahrie/tokobukuapp/implement/ImplemPenjualan.java

yang bagian ini
PreparedStatement ps2=DatabaseUtilities.getConnection().prepareStatement(“udpate buku set stok=? where id_buku=?”);

selamat berkarya ๐Ÿ˜€

update 29/08/2013
http://bahrie27.com/2013/08/29/user-guide-tokubukuapp-project/

Iklan

Mengembalikan Grub Ubuntu 10.10 yang Hilang setelah Install Windows

Sudah lama rasanya ga nulis lagi, rasanya kemaren STM(sibuk tak menentu) banget sebab baru mulai perkuliahan di semester 6. jadi sibuk ngurus sana ngurus sini. dan supaya tidak kelamaan hanyut dalam aktifitas dan melupakan nulis, saya ingin share sedikit tentang gimana cara mengembalikan grub di UBUNTU 10.10 yang terlihat hilang setelah kita install windows xp, vista, maupun seven. hal itu akan sering terjadi ketika kita menggunakan dual boot dan windows sudah merasa bermasalah dengan bemacam jenis serta spesies virus (:D). atau yang sudah terbiasa dengan linux dan tiba2 ada tugas ato masalah yang mengharuskan menginstall windows lagi..hehee.. dan yang ingin saya share ini caranya cukup mudah. cukup 4 baris printah inti aja.. sudah bisa menampilkan grub yang berfungsi untuk memilih os ketika pertama kali di hidupkan komputernya. dan jangan lupa. kalo Ubuntu saudara itu menggunakan Ubuntu 10.10 maka gunakanlah CD master Ubuntu 10.10, karena kalo anda menggukan yang di bawahnya. kemungkinan besar akan gagal. karena grub yg diinginkan oleh 10.10 adalah yang terbaru.

Ok, pertama booting live CD pake master UBUNTU 10.10, terserah lewat CD bisa lewat USB juga bisa.

Setelah itu masuk ke terminal.

Pertama lihat dlu partisi linux yang anda pake itu berada di sda brapa. caranya pertama masuk sebagai root dengan mengetikkan

sudo su

Setelah ituย ย ย ย ย ย 

fdisk -l

Setelah tahu partisi linux itu brapa di sda brapa ketik lagi perintah

mkdir /media/root

mount /dev/sda5 /media/rootย 

antara /sda5 dan /media ada sepasinya jadi mount(spasi)/dev/sda5(spasi)/media/root

ย ย  (asumsi kalo filesystem linux anda di sda 5)

grub-install –root-directory=/media/root /dev/sda
kalo tidak begitu jelas ini ejaannya, grub(hipen)install(spasi)(hipen)(hipen)root(hipen)directory=/media/root(spasi)/dev/sda
tanda(-) baca nya hipen

 

Nanti akan ada informasi kalo no error. setelah itu direboot aja dengan ketikย 

reboot

Lalu setelah komputer anda hidup grub anda akan tampil dan masuklah ke ubuntu anda.

Masuk lagi ke terminal untuk mengupdate grub supaya semua os yang ada di komputer anda bisa dikenali dan terupdate di grub

Caranya masuk dulu sebagai root dengan cara biasa sudo su lalu ย 

update-grub

Selesai dech, masalah anda dengan gonta ganti OS selesai dan nyaman kembali dalam beraktifitas dengan komputer anda.

Semoga bermanfaat. dan terimakasih..hehehee

 

Membuat Aplikasi CRUD Java dengan Database Oracle

Sebelum kita membuat aplikasinya, kita harus tahu dulu bagaimana sistem kerja database oracle. apakah sama dengan MysQL atau beda.? nah yang saya ketahui. untuk sintaknya sama. namun untuk pembagian databasenya yang berbeda.
di Oracle semua project di dimasukkan kedalam satu database namun yang membedakan satu project dengan project lain adalah theme nya atau user nya. kalo saya katakan sih satu database di mysql bisa dibilang satu username di oracle. bila ada yang salah mohon dikoreksi..hehee jadi sini untuk membuat tabel mahasiswa, saya harus membuat user terlebih dahulu. Disini saya buat user dengan nama bah dan passwordnya adalah teh. setelah kita membuah user, kita login menggunakan user kita dan selanjutnya membuat tabel di theme atau user tersebut.. disini saya menggunakan Oracle 10g Express Edition.

sekarang kita masuk ke projectnya.

projectnya hampir sama dengan artikel saya yang sebelumnya, yaitu Mudahnya membuat Aplikasi CRUD di Java dg database MySQL. hanya yang membedakan adalah di class DatabaseUtilitiesnya. disini tempat mengatur untuk koneksi dari java ke Oracle. codenya seperti ini. jangan lupa sebelumnya harus sudah memasukkan library driver ojdbc. driver oracle-java sudah saya sertakan salam sourcecode yang dapat di download berada di folder dist/lib/.

package crudjava.koneksi;

import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.SQLException;
import java.util.logging.Level;
import java.util.logging.Logger;

/**
 *
 * @author bahrie
 */
public class DatabaseUtilities {

    private static Connection conn;

    public static Connection getConnection(){
        if(conn==null){
            try {
                DriverManager.registerDriver(new oracle.jdbc.OracleDriver());//kalau mysql tulisannya //com.mysql.jdbc.Driver() dan librarynya itu Mysql Driver.
                conn=DriverManager.getConnection("jdbc:oracle:thin:@localhost:1521:XE", "bah", "teh");
            } catch (SQLException ex) {
                Logger.getLogger(DatabaseUtilities.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
            }
        }
        return conn;
    }

}

dibawah ini hasil tampilannya :

antarmuka
Antar Muka pada Aplikasi

hasil
Hasil di Database Oracle

Semoga bermanfaat bagi yang ingin membuat aplikasi java dan databasenya menggunakan Oracle.. hehehe bisa jadi bahan TA atau Skripsi tuh..hehehe ๐Ÿ˜€ mohon koreksinya bila ada kesalahan.. ๐Ÿ™‚

sourcecode dapat didownload disini :

http://bahrie127.googlecode.com/files/crudjava-oracle.zip

Mudahnya membuat Aplikasi CRUD di Java dg database MySQL

Sebenarnya, sebelumnya saya pernah menulis tentang membuat aplikasi crud menggunakan java, namun yang tulis dulu itu codenya terlalu panjang dan bila dikembangkan menggunakan banyak tabel akan terasa sedikit sulit, dan sekang yang ingin saya share adalah menggunakan code baru, yang lebih sedikit class nya dan lebih ringkas codenya. nanti bisa dilhat sendiri betapa mudah dan ringkasnya kode yg saya buat serta mudah untuk dipahami.. dan yang tidak kalah penting, dalam aplikasi ini sudah mengcakup konsep MVC atau model, view, control sehingga dapat di bedakan mana yang bertugas untuk view, control dan yang mengurusi keluar masuknya data dari dan ke database. hehee..

dibawah ini tampilan antarmukanya..

antarmuka
antarmuka

pertama yang kita buat adalah databasenya. disini saya membuat database dengan nama sisteminformasi dan terdapat satu tabel yaitu tabel mahasiswa. bagi yang sudah terbiasa dengan mysql saya yakin tidak sulit untuk membuat database ini. ๐Ÿ˜€

CREATE TABLE mahasiswa (
  `nim` varchar(8) NOT NULL,
  `nama` varchar(40) NOT NULL,
  `alamat` varchar(50) NOT NULL,
  PRIMARY KEY (`nim`)
) ;

setelah itu kita buat project di netbeans dengan nama crudjava. lalu buat package untuk menampung class koneksi supaya mudah bacanya. dibawah ini code koneksi yang saya buat.. jangan lupa sebelumnya harus sudah memasukkan library mySQL jdbc connector.

package crudjava.koneksi;

import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.SQLException;
import java.util.logging.Level;
import java.util.logging.Logger;

public class DatabaseUtilities {

    private static Connection conn;

    public static Connection getConnection(){
        if(conn==null){
            try {
                DriverManager.registerDriver(new com.mysql.jdbc.Driver());
                conn=DriverManager.getConnection("jdbc:mysql://localhost:3306/sisteminformasi","root","root");
//db nya sisteminformasi, usernya root, dan passwordnya root
            } catch (SQLException ex) {
                Logger.getLogger(DatabaseUtilities.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
            }
        }
        return conn;
    }
}

Lagi